Tak Usah Kerja, Rejeki Sudah Ada yang Ngatur

 Tak Usah Kerja, Rejeki Sudah Ada yang Ngatur
Tak usah kerja, rejeki sudah ada yang ngatur. Jelas pemikiran seperti itu salah kaprah, rezeki memang sudah diatur oleh Allah untuk hamba-hamba-Nya, namun tidak berarti bahwa kita hanya duduk diam, dengan mengharap rezeki datang begitu saja.

Kita tetap harus berikhtiar untuk menjemput rezeki yang telah ditetapkan oleh-Nya. Sebab, rezeki bukan seperti hujan yang turun dari langit begitu saja tanpa disertai ikhtiar.

Tidak hanya dengan diam dan bermalas-malasan, tetapi harus aktif bergerak atau berusaha mendapatkan rezeki atau kekayaan yang diimpikan. Binatang saja yang tidak berakal tetap berikhtiar, sehingga dapat bertemu dengan rezekinya. Maka, mustahil manusia yang mempunyai akal tidak bisa bertemu dengan rezekinya.

Dan diantara Ikhtiyar yang paling mulia adalah dengan bertakwa, memantas-mantaskan diri terhadap Allah dengan menjauhi larangan-Nya dan menjalankan segala perintah-Nya :
Dalam firman-Nya DIA menjamin :
"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar baginya; dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (ath-Thalaq: 2-3)

Dalam sebuah riwayat pernah diceritakan seorang sahabat yang berlama-lama I'tikaf dan berdoa tanpa berusaha,Nabi lantas menyuruh juga untuk tidak meninggal ikhtiyar.

Sekecil apapun pendapatan kita hari yang penting jangan putus asa, Allah Ta'ala berfirman:
"Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah..." (az-Zumar: 53)

Yakinlah bahwa bersama kesulitan itu ada kemudahan, sebagaimana firman-Nya:

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain); dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap." (al-Insyirah 5-8)

Mudah-mudahan Allah melapangkan rezeki kita dan memudahkan urusan dunia dan akhirat kita.

"Wallahu A'lam bis shawab"
Oleh Alhabib Quraisy Baharun

0 Response to "Tak Usah Kerja, Rejeki Sudah Ada yang Ngatur"

Posting Komentar