Genap 5 Tahun Neverblast, Apa yang Baru?

 
Karena hobi, apapun yang dikerjakan pasti menyenangkan. Karena hobi, apa pun yang dikorbankan (waktu, tenaga, maupun biaya) tak terasa memberatkan. Karena hobi, lahir kreasi yang menumbuhkan inspirasi. Ya, blogging merupakan salah satu hobi saya. Hobi yang saya kerjakan sejak lima tahun silam, dimana blog ini saya buat. Hobi yang bisa digunakan untuk mencurahkan serta mengekspresikan ide, kreasi dan inspirasi.

Refleksi lima tahun ke belakang

Refleksi ke belakang, betapa "culunnya" blog ini. Tidak ada konsep, tidak ada visi misi layaknya pendirian sebuah organisasi. Ingat betul, dahulu blog ini bernama ThedhinzPost, nama yang terinspirasi dari sebuah nama koran kenamaan di Jakarta. Dengan tema musik, blog ini "layu sebelum berkembang" alias mangkrak sebelum disosialisasikan. Miris !!!. Satu tahun kemudian, nama blog berganti dengan nama yang sampai sekarang tetap dipertahankan (lebih lengkapnya, baca : Perubahan Nama Blog).
Selain soal nama yang dulunya "labil", isi blog pun juga ikut - ikutan labil. Dari tema musik, tugas kuliah, curhat - curhat ala ala masa muda, hingga isi campur aduk blek kayak gado - gado, ada di blog ini. Dan pada akhirnya, pada awal tahun 2015 ini, neverblast mulai merubah konsep. Mencoba menghadirkan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi pembaca. Dalam sebuah nasehatnya, Al Habib Umar bin Hafidz berkata,"Manusia akan mati bila sudah masanya. Tetapi tulisan akan kekal selama-lamanya...Maka, tulislah perkataan yang bisa menyebabkan kita gembira di akhirat kelak". Oleh karena semangat memperbaiki diri, menyampaikan kebaikan dan menyemai inspirasi, kini neverblast terus bergerak dengan tageline / slogan, "Media Islami Menginspirasi".

Statistik Selama Lima Tahun

Lima tahun blog ini dibuat, bagi saya merupakan awal dari sebuah perjuangan. Sekaranglah saatnya melecutkan semangat. Selama masa lima tahun tersebut, hasil yang bisa menjadi salah satu acuan adalah  rangking blog ini. Per Desember 2015 ini, blog berada di posisi 2,435,052 (pada alexa rangking global) dan posisi tersebut menunjukkan tren yang positif. Dengan 456 postingan yang berhasil diterbitkan (dan insyaaAllah ini akan terus bertambah), Neverblast menunjukkan statistik 1.818.752 penayangan sepanjang waktu. 

Ada yang Baru??

Yaa, pasti ada yang baru. Di tahun kelima ini, ada dua hal yang ingin saya hadirkan. Pertama, penggunaan domain TLD (Top Level Domain) .com. Kenapa ini baru saya lakukan?. Sebenarnya tidak ada alasan yang mendasar, kenapa tidak dari dulu ganti domain. Namun, yang menjadi pertimbangan besar saya adalah masih belum mau. Belum mau pindah .com karena dulu blog masih belum begitu terurus. Kedua, peluncuran logo baru dan tagline baru. Logo menjadi elemen penting untuk sebuah blog (pendapat pribadi). Karena, logo bisa menjadi alat branding identity sebuah blog maupun perusahaan. Oleh karenanya, di umur kelima ini saya mencoba membuat bransing untuk neverblast sekaligus taglinenya. Tagline yang dahulu "NeverEnding Creativit" kini menjadi "Media Islami Menginspirasi". Tagline tersebut sejalan dengan konsep blog kedepan, yang menekankan pada sharing keislaman dan inspirasi.

Resolusi Perjuangan Kedepan

Blog ini dikelola secara mandiri. Baru sejak 2014 mulai mengikutsertakan pembaca untuk bisa menyumbang tulisan - tulisan inspirasinya. Di tengah kesibukan admin yang kini sedang dijalani (kerja, kuliah, ngaji), harapannya blog bisa tetep update dalam menyebarkan pesan kebaikan, statistik semakin meramping, dan setiap niche (tema) dalam blog terisi dengan baik, bertambah kontributor - kontributor yang kece, tulisan - tulisan semakin berkualitas, dan minimal satu tulisan/hari bisa terealisasikan. Semoga.. Aamiin.. Bagi yang ingin menjadi penyumbang artikel kerennya, bisa melalui email : dhinz.sarifudin@gmail.com.

Terimakasih 

0 Response to "Genap 5 Tahun Neverblast, Apa yang Baru?"

Posting Komentar