Film "Kalam - Kalam Langit", Kisah Qori dan Keindahan Lombok

kalam kalam langit 
KabarIslam, www.neverblast.com - Film - film bertemakan Islami sepertinya sudah mendapatkan hati para penonton di Indonesia. Sebut saja, beberapa film bertema religi yang rilis selama tahun 2015 yakni film Tausyiahku, Harim di Tanah Haram, Bulan Terbelah di Langit Amerika, Surga yang Tak Dirindukan, 3, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Di awal tahun 2016 mendatang, para pecinta film Indonesia (khususnya yang suka film religi), bakal disuguhkan satu film berlatar kearifan lokal masyarakat pesantren Pulau Lombok dengan judul Kalam-Kalam Langit, sebuah karya dari DOP (Director of Photography) kondang Faozan Rizal setelah meretas dunia sinematografi melalui karya-karyanya Ayat-Ayat Cinta, Sang Pencerah dan Habibie Ainun.

“Memang unsur kearifan lokal sangat kental dan Putaar Films Production menjadi rumah produksi bagi film Indonesia yang berkarakter dan inspiratif untuk daerah-daerah yang patut diketahui oleh kita semua seperti Lombok, Mataram,”Kata sang produser, H.Dhoni Ramadhan seperti dikutip dalam LombokFM.

Sejarah mencatat, NTB merupakan penghasil Qori di tingkat internasional dan nasional. Dengan bukti, banyak juri hakim Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) berasal dari NTB. Sehingga, NTB menjadi penghasil Qori merupakan hal wajar.  

"Syuting film yang dilakukan di Lombok ini menunjukan bahwa NTB gudangnya Qori. Bahkan, provinsi lain perlu belajar kesini. Sebab, banyak Qori di provinsi lain merupakan warga asli NTB,” ujar Asisten III Setda Provinsi NTB, Lalu Syafii kepada Republika.

Menurutnya, film dibintangi aktor kawakan Mathias Muchus ini akan diluncurkan di Lombok kemudian dilanjutkan di Jakarta. Syafii mengatakan, pembelajaran dari film tersebut yakni banyak yang berhasil menjadi Qori berasal dari keluaraga tidak mampu. Namun, memiliki cita-cita yang luar biasa. Oleh karena itu patut diapresiasi perjuangan dan kegigihan para qori yang ada.

Sinopsis Film Kalam - Kalam Langit
Dikisahkan Jafar kecil (Nasron Azizan) telah punya potensi menjadi Qori cilik asal Lombok dan saat menjadi remaja (diperankan Dimas Seto) telah banyak memenangkan kompetisi antar pesantren di kota Cirebon.

Jafar tidak pernah mau dan mendaftar sendiri mewakili pesantrennya. Di pesantren ini, ia bersahabat dengan Annisa, Azizah dan Satori (Ibnu Jamil). Jafar sering terlihat dengan sepedanya pemberian Alm sang ibu (Henidar Amroe) sebagai anak Yatim dengan karakter sang ayah tegas dan disiplin diperankan oleh Mathias Muchus.

Setelah sang ayah juga meninggal dan Jafar menjadi Yatim Piatu, ia kembali ke kampung halaman, apa yang terjadi terhadap Jafar dan apakah jalinan cintanya dengan Azizah akan bertepuk sebelah tangan sementara Annisa diam-diam mencintai Jafar di saat yang sama Satori pun menyimpan benih-benih cinta dengan Azizah.

Lebih dari kisah percintaan, pesona kota Lombok mengguratkan keutamaan Surah ArRahman akan nikmat berlimpah yang telah diberikan kepada Allah SWT agar kita sebagai manusia tidak kufur nikmat, bisa berfikir akan nikmat tersebut dan terpenting adalah sifat pelupa yang melekat di manusia itu sendiri.

Trailer Film Kalam - Kalam Langit


Keterangan Film Kalam - Kalam Langit
Pemain :
  1. Dimas Seto
  2. Meriza Febriany
  3. Ibnu Jamil
  4. Elyzia Mulachela
  5. Mathias Muchus
  6. Henidar Amroe
  7. Ade Firman Hakim
Produksi : Putaar Films Production
Skenario : Faozan Rizal
Sutradara : Tarmizi Abka
D.O.P : Faozan Rizal
Executive Produser : H. Eddy Wijaya
Produser : H.R.Dhoni Ramadhan : Hj. Dian Permata Purnamasari : Asad Amar
(/nvb/berbagaisumber)

0 Response to "Film "Kalam - Kalam Langit", Kisah Qori dan Keindahan Lombok"

Posting Komentar