Gerhana Matahari Total 2016, Berikut Waktu dan Lokasi Kejadian

Gerhana Matahari Total 2016
Tahun 2016 ini, sebagian dari wilayah Indonesia akan mengalami fenomena alam langka yakni Gerhana Matahari Total 2016. Berdasarkan hisab Lembaga Falakiyah PBNU dengan menggunakan markaz Jakarta, bahwa GMT Insya Allah terjadi pada tanggal 09 Maret 2016 bertepatan 29 Jumadil Ula 1437 H. Meskipun Gerhana Matahari tidak menyeluruh di wilayah Indonesia, namun ada sebagian wilayah Indonesia yang mengalami Gerhana Matahari Sebagian.
Masih berdasarkan hasil hisab LF PBNU, gerhana matahari tahun ini terjadi mengikuti fase - fase waktu berikut ini (dengan Waktu Indonesia Barat):
  1. Awal Gerhana Matahari Sebagian pukul 06:20:58 WIB
  2. Awal GMT pukul 07:22:14 WIB
  3. Pertengahan GMT pukul 07:23:16 WIB
  4. Akhir GMT pukul 07:24:18 WIB
  5. Akhir Gerhana Matahari Sebagian pukul 08:34:21 WIB
Adapun di daerah lain, Gerhana terjadi sesuai dengan waktu setempat.

Sementara, GMT ini akan melewati wilayah di Indonesia antara lain Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera. Seperti dilansir pikiran-rakyat.com, Ada dua titik lokasi yang disiapkan untuk menyambut fenomena langka ini, khususnya yang ada di Balikpapan. Pertama, Pantai Manggar. Titik pertama ini termasuk tempat yang ideal. Luas pantainya mencapai 13.000 m2. Air lautnya jernih. Pasirnya putih yang dipercantik dengan rentetan pohon pinus di pinggirnya. Dan selanjutnya, akan dilaksanakan juga bazar, kuliner dan pertunjukan di Lapangan Merdeka. Ini kesempatan bagus untuk menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisata Balikpapan.
(Update berita Islam Kamu melalui channel telegram kami disini: Berita Islam Menginspirasi)

PBNU pun menghimbau akan fenomena langka ini, yakni untuk melakukan sholat gerhana, dzikir, kegiatan sosial.
"Peristiwa yang sangat langka dan istimewa ini perlu kita sambut dengan kegiatan pengamatan, sholat gerhana, dzikir, kegiatan sosial dan kegiatan kefalakiyahan lainnya" seperti tertuang dalam poin ke tiga Pengumuman LF PBNU tentang gerhana matahari total.

0 Response to "Gerhana Matahari Total 2016, Berikut Waktu dan Lokasi Kejadian"

Posting Komentar