Cara Unik Madrasah Ma'arif Blora Tumbuhkan Nasionalisme

Yaa lal wathan
KabarIslam, www.neverblast.com - Nasionalisme bisa kita pupuk sedari dini. Dari keluarga, lingkungan, hingga sekolah. Dengan jiwa nasionalisme inilah suatu bangsa akan terlihat kokoh. Sebagai contoh semangat nasionalisme di Indonesia, telah dibuktikan dengan adanya sumpah pemuda yang dilakukan oleh pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 oktober 1928 yaitu dengan mengakui, satu tanah air Indonesia, satu bangsa Indonesia, dan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.

Hal terkait jiwa nasionalisme, terlihat di Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Blora, Jawa Tengah. Di dalam lembaga pendidikan ini setiap murid diwajibkan untuk menyanyikan syair "Yaa Lal Wathan", ciptaan KH Wahab Hasbullah. Kebijakan ini mulai diberlakukan dilingkungan madrasah mulai semester genap 2015/2016.

Menurut salah seorang Guru ke-NU-an di MTs Himmatul Muallimin Sale, Klopoduwur, Banjarejo, Blora, Sutiyono, lagu tersebut dinyanyikan setiap hari, yakni pagi hari setelah siswa berdoa bersama. Hal itu dilakukan untuk membangun militansi kecintaan siswa terhadap tanah air Indonesia, sekolah dan madrasah. "Alhamdulillah, seluruh siswa sudah hafal syair lagu tersebut," ungkapnya, Rabu (3/2).

Hal senada diungkapkan Kepala MTs Hasanuddin Plosorejo, Muntasir. Lagu Ya Lal Wathan dinyanyikan dua kali dalam sehari. Di sekolah tersebut dinyanyikan pagi hari sebelum pelajaran, dan siang hari setelah selesai pelajaran. "Lagu Ya Lal Wathan, kami jadikan wiridan setiap hari," ujarnya.

Lebih rinci ia menyebutkan, kegiatan siswa adalah membaca Alfatihah, dua kalimah syahadat, doa Rodhitu, nadhaman Asmaul Husna, surat-suart pendek dan syair Ya Lal Wathan. Setelah siswa baru memulai pelajaran sesuai jadwal hingga siang hari.

Sedangkan untuk siang hari, tambah dia, usai mengikuti pelajaran, siswa kemudian membaca doa dan ditutup syair Ya Lal Wathan. Setelah itu, siswa bersalaman dengan bapak ibu guru dan pulang ke rumah masing-masing. "Melalui cara ini, para siswa bisa makin kental nilai-nilai ke-Aswajaannya," ujarnya. 

0 Response to "Cara Unik Madrasah Ma'arif Blora Tumbuhkan Nasionalisme"

Posting Komentar