Orang Baik Selalu Dapat Yang Baik

Tanya :
Assalamu’alaikum wr.wb
Ustaz, saya pernah membaca alquran yang artinya kurang lebih bahwa laki-laki/wanita beriman akan berjodoh dengan laki-laki/wanita beriman juga. Tapi, pada kenyataannya saya sering mendapati hal yang ssebaliknya. Mohon penjelasannya.

Jawab :
Wa’alaikumussalam wr.wb
Takdir Allaah dalam jodoh pasti adil dan jika dihayati secara mendalam kita akan temukan bahwa tidak ada cacat sedikitpun dari takdir-takdirnya. Pikiran kitalah yang gagal menafsirkan atau karena kita yang tidak mengembalikan segala urusan kepada Allaah.
Di antara bentuk keadilan Allaah, seperti pada ayat berikut,”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji(pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia(surga).” (QS. An-Nur [24]:[26]).
Namun tak semuanya keadilan Allaah yang Maha Adil dalam hal jodoh itu dapat kita ukur dengan ukuran selera keadilan kita yang bercampur keinginan dan kepentingan sepihak. Di balik ujian dari pasangan yang berlawanan,ada hikmah yang menjadi rahasia Allaah, seperti yang terjadi pada Nabi Nuh dan Nabi Luth AS yang diuji dengan istri yang berkhianat terhadap ketauhidan yang dibawa oleh suami mereka.
Dalam kasus ini, Allah hendak menguji ketauhidan dan prioritas cinta sang suami, memilih Allaah ataukah istri mereka yang durhaka itu dan menjadi peringatan bagi sang Nabi bahwa tanpa seizin Allaah, istrinya pun tak dapat diselamatkan dari siksa Allaah.
Lain halnya dengan Asiah yang diuji Allaah dengan suami yang durhaka,”Dan Allaah membuat istri Firaun perumpamaan bagi orang orang yang beriman, ketika ia berkata:”Yaa Tuhanku, bangunlah sebuah rumah disisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang lalim”.”(QS:At-Tahrim 66:11).
Dalam masalah ini, Allaah hendak meniggikan derajat Asiah disurga sehingga menjadi rendah dan murahlah semua harta dan kemewahan Firaun dimatanya,walau hal ini standar keberhasilan umumnya wanita dalam mencari jodoh. Wallahu a.lam bish showab.

Jazakallamallah Khairon Katsiran,

0 Response to "Orang Baik Selalu Dapat Yang Baik"

Posting Komentar