Peneladanan Adalah Kuncinya

teladan Rasul habib ulama

Kalam Ulama - Tulisan ini sebagai oleh-oleh dari khaul Al Imam Habib Abubakar bin Muhammad Assegaf. Dari intisari ceramah Habib Abubakar bin Hasan Assegaf. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Ketahuilah bahwasanya kunci kemuliaan dunia akherat adalah ketika kita bisa meneladani orang yang mulia. Dan makhluk yang termulia adalah kekasih kita Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Ittiba' (peneladanan) kepada beliau adalah cara tercepat mendapat kecintaan Allah.
Tidaklah cukup hanya mengaku cinta tanpa meneladani, atau sebaliknya terlihat seperti meneladani dan didalam hati tidak ada rasa cinta.
Habib Abubakar bin Muhammad Assegaf adalah sosok yang menghabiskan umurnya dalam peneladanan kepada Nabi, guru-gurunya dan datuknya yang mulia. Hingga pencapaian dari peneladanan itu terbukti ketika beliau hendak meninggal dunia, beliau berwasiat supaya jenazahnya diiringi dengan syair "tholaal badru alaina". Diakhir usianya beliau masih berusaha memberikan penghormatan kepada Nabi. Karena beliau yakin bahwasanya ruhnya akan disambut oleh datuknya yang selalu diteladani Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.
Saat ini berapa banyak diantara kita yang baru dalam tingkatan rajin menghadiri khol. Tentunya pahala dan keberkahan akan kita dapat. Akan tetapi betapa indahnya bila kita bercita-cita lebih dari itu. Jadilah kita sosok yang rajin meneladani ulama yang diperingati khaulnya. Dari keinginan inilah semoga Allah memberi petunjuk kepada kita semua untuk bisa meneladani orang yang sholeh.
Amiinn Ya Robbal 'Alamin.
(ditulis ulang oleh Habib Hud Alatas, Kamis 1 Oktober 2015)

0 Response to "Peneladanan Adalah Kuncinya"

Posting Komentar