Makna Pengulangan Ayat

Oleh Ustadz Bachtiar Nasir
Tanya :
Assalamu’alaikum wr.wb
Dalam surat ar-Rahman, kita melihat ada ayat yang sangat sering diulang-ulang, yaitu fa bi ayyi aala irobbikuma tukadziban. Apakah hikmah dibalik pengulangan ayat itu, ustadz??

Jawab :
Wa’alaikumussalam wr.wb
Kalimat fa bi ayyi aala irobbikuma tukadziban diulang sebanyak 31 kali dalam surat ar-Rahman. Arti dari ayat ini adalah “ Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?”. Ungkapan ini ditujukan kepada bangsa jin dan manusia.
Dalam surat ar-Rahman Allaah menyebutkan nikmat-nikmat yang banyak sekali, yang Dia limpahkan kepada jin dan manusia agar mereka bersyukur dan tidak kufur terhadap nikmat-nikmat tersebut.Banyaknya nikmat yang Allah limpahkan itu menunjukkan kekuasaan dan rahmat-Nya yang sudah sepantasnya dijadikan sebagai satu-satunya yang berhak disembah.
Adapun hikmah dibalik pengulangan ayat ini, antaralain sebagimana yang kita ketahui bahwa
Alquran diturunkan dalam bahasa Arab dan di antara penyampaian (uslub)-nya adalah pengulangan(tikrar) untuk menguatkan kesan dan mendalamkan pemahaman ayat.
Al-Suyuthi dalam kitabnya Al-Itqan fi Ulumil Qur’an menyebutkan bahwa hal itu unutk memantapkan pemahaman, memberikan tekanan terhadap masalah yang dijelaskan, mengingatkan kembali, serta menunjukkan betapa besar dan pentinggnya masalah itu.
Hal itu sama seperti perkataan seseorang kepada orang yang selalu ditolong tapi dia mengingkarinya “Bukankah kamu dulu fakir kemudian saya berikan kamu harta, apakah kamu mengingkari itu?Bukankah kamu dahulu tidak punya pakaian kemudian saya beri kamu pakaian, apakah itu juga kau ingkari?” Gaya bahasa seperti ini biasa digunakan dalam bahasa arab.
Lalu, pengulangan ayat ini bertujuan mengingatkan hamba untuk selalu ingat dan bersyukur kepada Allaah SWT tanpa harus menunggu dan menghitung nikmat-nikmat Allaah yang tidak bisa dihitung. Wallahu a’lam bish shawab

Source : Republika Senin, 19 Desember 2011 halaman 12

0 Response to "Makna Pengulangan Ayat"

Posting Komentar