Kuliah Umum : Great Engineer, Great Work

Hari ini, Kamis, 28 Februari 2013. Kuliah ku tidak seperti hari hari biasa,karena di hari ini seluruh masyarakat Elektro diwajibkan untuk mengikuti Kuliah Umum 2013 yang diselenggarakan oleh HME (Himpunan Mahasiswa Elektro) dengan tema “Great Engineer, Great work”
Agenda kuliah umum ini, mengahdirkan General Manajer dari PT Datacom serta dari Klinik Prodia. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 (meski dalam jadwal tertulis 07.30.. hehehe). Acara diawali dengan basmalah, sambutan ketupat, Lurah HME, dan kemudian terakhir dari WD 4 yang mana mewakili Pak Dir yang berhalangan hadir.
Pembicara pertama, adalah Bapak Rudi M. Alif (GM Datacom). Dalam presentasinya, Beliau membahas mengenai peluang karir Enginer, apa saja dasar yang kudu dimiliki oleh Enginer, bagaimana teknik agar bisa di “Hire”. Berikut sedikit penjelasan dari beliau yang masih an inget, bahwa sebagai Enginer agar perusahaan tertarik dengan kita maka ada 4 pilar yang kudu dimiliki kita, yaitu yang pertama adalah Kompetensi. Kompetensi menyangkut Teori/skill yang kita miliki dan juga yang tak boleh dilupakan adalah pengalaman. Bagaimana kita bisa mendapatkan pengalaman? Minimal kita bisa bereksperimen sendiri. “nguprek” laptop sendiri misalnya. Ataupun pengalaman pengalaman lain yang bisa kita dapatkan diluar kuliah. Yang kedua adalah kemampuan komunikasi. Komunikasi disini misalnya kemampuan dalam hal mempresentasikan project, bagaimana kita bisa mempertahankan pendapat, dll. “Kemampuan komunikasi, bisa kalian dapat dengan kalian mengikuti organisasi, HME ataupun PCC misalnya” ungkapnya. Yang ketiga adalah kreativitas. Seorang Engineer, dituntut bisa mempunyai kreativitas yang tinggi. Hal ini dibutuhkan karena banyak pesaing pesaing dalam perusahaan yang membutuhkan sebuah kreativitas guna memenangkan kompetitor. Yang terakhir, yaitu Kepemimpinan. Lagi. Masalah kepemimpinan, bisa kalian dapat di organisasi. Ini penting, karena dalam perusahaan bagaimana kalian bisa menjadi penggerak.
Selain mengenai empat dasar seperti yang disebut diatas, Beliau juga membahas tentang bagaimana kita bisa di “Hire” perusahaan?. Hal pertama yang kudu kita perhatikan adalah mengenai penampilan kita. Penampilan adalah faktor pertama yang seringkali dilihat oleh pewawancara. Ada tiga hal yang perlu dikemas dalam diri kita, antara lain Personality skills yaitu hal hal yang berkaitan dengan kepribadian diri sendiri. Konwledge-base skill yaitu hal hal yang berkaitan dengan pendidikan kita. Dan yang terakhir yaitu Transferable skills menyangkut pengalaman kita dengan orang lain. Bentuk kemasan diatas berupa prosfesionalitas yaitu bagaimana kita menguasai pekerjaan yang menjadi bidang kita, mempunyai integritas, mempunyai komitmen dan kebanggaan diri(tidak minder dengan kelebihan diri). Yang selanjutnya yaitu Be the best, bagaimana kita selalu berupaya untuk menjadi terbaik, selain itu juga kita juga bisa “can do attitude”, dan yang terakhir adalah team player.
Pada kesempatan kedua, hadir Ibu Endang Haryani (Brand Manager Laboratorium Klinik Prodia). Beliau memaparkan bagaimana mensiasati kesehatan kita pra-kerja. Ini penting, karena berdasarkan data pelamar kerja dari Polines, mayoritas gagal pada saat tes kesehatan. Macam macam yang menyebabkan kesehatan pelamar tidak diterima diantaranya kolesterol, hepatitis, dll. Hanya sedikit yang bisa an tangkep dari pemaparan beliau, karena suasana yang begitu ramai ditambah speaker yang kurang keras, menyebabkan materi yang disampaikan kurang optimal. Padahal aku sudah di barisan paling depan loh yaa... J
Overall, kegiatan/agenda kuliah umum yang diselenggarakan HME sangat bagus, mengingat kita sebagai Mahasiswa(engineer) memang butuh bekal sebelum melamar kerja/ melakukan wawancara. Harapannya, acara semacam ini bisa dilaksanakan kembali tidak hanya sekali saja, mengingat Mahasiswa memang butuh. HME Jaya !!!!
Semarang Wisma 87, 1 Maret 2013 18:56


0 Response to "Kuliah Umum : Great Engineer, Great Work"

Posting Komentar