Amanah Melatih Kedewasaan


Bulan Rajab(juni) bulannya sertijab, bulannya mubes. Kenapa ? karena dibulan ini memang mayoritas ormawa Polines(bahkan wajib) pada bulan ini melakukan regenerasi STO pada masing-masing UKM. Namun, sebelumnya pihak BPM sendiri sudah memulai acara yang senada dengan Mubes, namun hanya beda judul saja “Konggres Ormawa” yangmana didalamnya membahas tentang AD/ART dan juga pemilihan ketua BPM. Setelah adanya konggress, semua UKM wajib untuk melaksanakan Mubes dan juga sertijab. Adalah jazirah dan PCC, organisasi dimana aku bernaung.pada UKM PCC berbeda dengan Jazirah. PCC melakukan sertijab terlebih dahulu daripada Mubes, sebaliknya pada jazirah Mubes baru sertijab.
Amanah yang wajib dipertanggungjawabkan....
1 Juni 2012 bertempat di UPT Bahasa, kami (STO PCC Baru) melaksanakan sertijab serta mengucapkan sumpah janji sebagai pemegang amanah dan juga sebagai penggerak organisasi PCC. Disini aku diberi amanah sebagai divisi internet, divisi yang sebenarnya bukan yang aku harapkan saat wawancara. Namun, ya sudahlah. Serangkaian acara disusun setelah sertijab tersebut, yaitu makrab yang dilaksanakan di daerah Bandungan. Acara makrab tersebut menurut aku kurang berkesan, karena acaranya bukan makrab sesungguhnya, malah difokuskan pada presentasi proker dari masing masing divisi.
Acara PCC ini bertabrakan dengan mubesnya jazirah. Mubes Jazirah dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juni sedangkan Sertijab dan makrab PCC 1-3 Juni. Pada kondisi inilah, aku benar benar harus bisa membagi waktu, mana saja acara yang berkualitas dan mana saja yang kurang.
2 Juni 2012 Mubes Jazirah dimulai. Agenda Mubes, sama seperti mubes ormawa lain, yaitu pembahsan AD/ART dan GBHN Jazirah. Sebelumnya, AD/ART dan GBHN tersebut sudah dibahas oleh tim formatur(pada kesempatan itu, aku juga ikut andil dalam pembahasan), yang kemudian hasilnya diputuskan pada Mubes tersebut. Karena pada saat itu juga masih ada acara PCC, dan acaranya menurutku tidak terlalu penting, aku putuskan untuk mengikuti Mubes Jazirah, meskipun hanya sampai dzuhur.
Pada hari berikutnya, Mubes Jazirah masih dilangsungkan. Namun aku belum bisa mengikutinya, karena masih di daerah bandungan mengikuti agenda PCC. Baru pada pukul 11.00 aku ijin Panitia Makrab PCC untuk mengikuti sertijab Jazirah, acara yang sakral yang harus diikuti oleh para kader kader penerus estafet dakwah.
Tepat waktu. Aku dan akh Hersa tepat waktu untuk mengikuti sertijab tersebut. Sertijab ini, mengumumkan STO baru untuk kepengurusan periode 2012-2013 dibawah kepemimpinan Akh Zulfahmi Akmal. Dan di Jazirah inilah, aku mendapat amanah yang besar, amanah yang tidak main main, yaitu sebagai kepala departemen Humas. Posisi yang begitu menantang untukku. Tak tahu dengan pertimbangan apa, tim SC memilihku sebagai Kadep Humas. Karena biasanya Kadep Humas adalah kader yang sudah Tingkat dua, kader yang seudah berpengalaman. Namun aku? Kader yang kemarin sore, kader yang belum paham benar sirkulasi keorganisasian Jazirah. Namun, dengan Bismillaah, semoga bisa. 
Dari semua ini, membuatku mulai berfikir secara dewasa, bagaimana mensukseskan divisi yang aku tempati. Dan yang lebih menantang, bagaimana membuat proker humas yang bisa diterima khalayak, agar tujuan daripada Jazirah didirikan bisa bermanfaat untuk Ummat islam pada khususnya, dan khalayak ramai pada umumnya. Berfikir berfikir dan berfikir...
Pada suatu kesempatan pagi, seorang ikhwan memberi nasihat untuk bekal dalam mengemban amanah. Bahwa dikatakan beliau, langkah awal yang harus dilakukan adalah tanamkan niat dalam hati. Niat untuk mendakwahkan agama Allah. Selain itu, perbaiki hubungan kita dengan Allah. Usahakan, diprogramkan untuk bisa shalat Malam dan juga shalat dhuha. Karena ibarat kendaraan, sebelum menempuh perjalanan yang jauh perlu adanya kesiapan sebelum jalan. Perlu diisi bahan bakar yang bisa melancarkan perjalan tersebut. Begitu analoginya.
Bismillah, dari semua itu semoga tim SC tidak salah pilih dalam menentukan posisi posisi kader. Dan bagi aku pribadi akan ku usahakan semaksimal mungkin untuk melaksanakannya dan inilah jalan untuk mencapai kedewasaan. J

Semarang, 5 Juni 2012 08:06

0 Response to "Amanah Melatih Kedewasaan"

Posting Komentar