Harlah NU ke 93, Inilah NU Ku NU Kita Semua

 
Dalam rangka hari lahir ke-93 Nahdlatul Ulama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya melakukan kegiatan ziarah ke makam para pendiri NU yang berada di Surabaya, Minggu (24/4).

Ziarah ke makam para pendiri Nahdlatul Ulama ini diikuti sekitar 200 orang dari Pengurus Harian, Pengurus Lembaga, dan Pengurus Badan Otonom (GP Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, Pagar  Nusa) PCNU Kota Surabaya yang dipimin langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surabaya  Dr. Muhibbin Zuhri MAg .

“Kegiatan ziarah ke makam ini penting untuk mengenang jasa para pendiri NU khususnya yang berasal dari Surabaya , dalam kegiatan ini kita wajib untuk kirim doa kepada para Mu’asis NU yang telah banyak  berperan dalam  kepentingan bangsa ini,” ujar Muhibbin Zuhri.

Kegiatan ziarah makam diawali dari makam KH Ridlwan Abdullah pencipta lambing NU yang dimakamkan di area pemakaman umum Tembok Surabaya, Selanjutnya  rombongan menuju area makam Sunan Ampel.
“Di lokasi area Sunan Ampel  ini selain mendoakan Sunan Ampel juga mendoakan Hasan Gipo yang dimakamkan di area pemakaman sekitar Masjid Ampel, Hasan Gipo merupakan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU Pertama saat mendampingi Ro’is Aam KH Hasyim Asy’ari, “jelasnya.

Usai dari Ampel para pengurus PCNU Kota Surabaya menuju area pemakaman Rangkah Surabaya, di tengah-tengah  area yang sempit dan masuk perumahan kumuh adalah lokasi makam KH Mas Alwi  Ulama NU yang menciptakan nama  Nahdlatul Ulama.

Lokasi  makam KH Mas Alwi tersebut  jauh dari kebesaran NU, dimana lokasi sempit dan menyendiri ditengah-tengah rumah warga membuat prihatin generasi muda NU yang ikut dalam kegiatan tersebut. 

Sementara dalam sambutannya semacam puisi di peringatan harlah NU tahun ini di Musholla Taman Bungkul, Ketua NU Surabaya Muhibbin Zuhri dengan tegas mengatakan:

NU bukan sembarang jam'iyah. " Ini organisasi kebangkitan ulama'. Sarana para ulama dan santri untuk menggapai ridla Allah swt. melalui perjuangan izzil Islam wal-muslimin.

Ini organisasi yang berdirinya diputuskan  dengan istikhoroh, bukan interest. Ini organisasi para muhibbin, pecinta rasul, pengikut sunnah, bukan ahli tafkiri.

Ini organisasi yang dipanggil sejarah untuk memelihara Islam 'ala ahlissunnah wal-jama'ah. Islam wasathiyyah yang penuh rahmah.

Ini organisasi yang membebaskan umat manusia dari imperialisme dan segala bentuk penindasan. Baik penindasan oleh sebuah bangsa terhadap bangsa yang lain, penindasan atas nama klaim kebenaran tertentu, dan bahkan penindasan atas nama agama sekalipun.

Ini adalah organisasi yang cinta kemerdekaan dan perdamaian abadi nan hakiki.

Ini organisasi yang dipimpin oleh para pewaris nabi. organisasi yang dibimbing oleh ke-'alim-an, ke-'abid-an, dan ke-'arif-an ulama'. Bukan organisasi yang diarahkan oleh kebodohan, nafsu dan kekonyolan berfikir.

Ini organisasi yang meyakini bahwa membela negara kesatuan adalah bagian dari titah syari'at. Sehingga dengan tegas memfatwakan jihad fi sabilillah untuk melawan kekuatan dhalim yang ingin menguasainya.

Ini adalah organisasi yang tak perlu lagi diajari demokrasi, karena musyawarah sudah merupakan bagian dari mekanismenya dalam menyelesaikan soal-soal diniyah, ijtima'iyah, maupun siyasiyah.

Ini organisasi yang mengembangkan pendidikan, tidak sekedar pengajaran. Pesantren adalah legacy NU untuk sistem pendidikan Indonesia yang mengembangkan karakter muslim nusantara yang penuh kearifan dalam beragama dan berbangsa.

Ini organisasi yang sangat menjunjung tinggi moralitas, bukan sekedar rasionalitas belaka. Organisasi yang meyakini "kuwalat", mengajarkan sikap tawadlu', tetapi tegas dalam menegakkan kebenaran. Tak pernah kompromi terhadap kebathilan.

Ini adalah NU, NU-ku, NU kita semua. Selamat Hari Lahir NU yang ke-93." [/Syukron/Santrinews]

Dibacakan pada Pidato Harlah Ketua PCNU Surabaya, 24 April 2016 di Makam Sunan Bungkul Surabaya.

0 Response to "Harlah NU ke 93, Inilah NU Ku NU Kita Semua"

Posting Komentar