Awas, Modus Baru Berkedok Undian Berhadiah

“Akan datang kepada manusia suatu zaman di mana seseorang tidak peduli apa yang dia ambil, apakah dari hasil yang halal atau yang haram.” (Shahih, HR. Al-Bukhari dan An-Nasa’i dari hadits Abu Hurairah z, Shahih At-Targhib no. 1722)
Bismillahirrahmanirrahimi..
Ditengah tengah mata kuliah yang kosong, ada sebuah cerita yang baru saja saya dapatkan. Dan semoga  bermanfaat.
Senin(22/4), saat saya santai santai menunggu dosen masuk, tiba tiba hape Nokia expressku menyala(karena memang modus senyap). Ada sms dari nomer tri baru. Anggapan saya, itu berasal dari layanan sms tausyiah AA Gym. Ternyata  bukan. Saat saya baca, ternyata Info undian berhadiah dari 3care. Bunyi sms nya berikut ini
Isi SMS dari penipu
“Info Undian 3Care. Selamat ! Nomor Anda menang hadiah promo undian 3care 2013 PIN 3d7n4s79. Info lebih lanjut klik http://promoundian3care.jimdo.com
Seketika itu, saya langsung beranjak dari kursi malas saya. Setengah percaya setengah tidak, karena kalau biasanya penipuan pengundian berhadiah hanya suruh menghubungi nomer yang tertera. Namun kali ini beda. Mengunjungi sebuah website untuk info lebih lanjut. Segera saya mengkoneksikan laptop saya dengan internet, untuk memastikan kebenaran tentang hal itu. Kebetulan ada layanan indosat super wifi di kampus saya. Langsung  login.
Saat masuk dalam homepage website tersebut, seakan akan website tersebut memang benar benar valid. Pada homepage menampilkan profil Tentang PT.Hutchison CP Telecommunications. Dari ini, saya belum merasa curiga. Masih positif thinking. Terlebih header dari website ini menampillkan produk dari Tri. Untuk mengetahui benar benar apakah saya mendapatkan undian atau tidak, saya klik menu daftar pemenang. Sangat “surprise” ternyata saya berada pada poin 1 dengan hadia Honda Jazz. 

Kaget. Karena masih penasaran, saya klik menu prosedur untuk mengetahui tahap apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Disini ada kejanggalan yang saya temui. Pada kalimat awal berbunyi seperti ini
“Sesuai Keputusan menteri MENKOMINFO kami sampaikan bahwa program undian ini sengaja kami umumkan di WEB ini demi menghindari adanya unsur penipuan yang mengatasnamakan OPERATOR 3CARE.Informasi keterangan pengurusan hadiah sengaja operator 123 dan 100 tidak memberikan info keterangan program undian 3care tahun 2013 kepada semua pengguna simkar kartu prabayar tri.karna kami yakin bahwa adanya WEBSITE RESMI INI bisa memberikan petunjuk yang lebih baik juga menghindari hal buruk yang sering terjadi di tengah masyarakat.Pemenang tidak diperbolehkan menghubungi nomor lain selain nomor layanan call centre;021-3000-9000/0896-5963-4445”
Yang janggal disini adalah kenapa operator 123 / 100 selaku operator resmi dari tri tidak boleh kita hubungi. Karena alasan dari si penipu bahwa informasi di website lebih baik. Dari sini saya sudah mulai curiga akan kevalidan web tersebut. Namun ternyata pembuat website mengakali kejanggalan tersebut dengan menampilkan menu foto penyerahan pemenang dan foto penanggung jawab. Kalau yang terlena maka akan percaya begitu saja. Karena dalam mennu foto penanggung jawab tertulis
KOMBESPOL RIKWANTO.DENGAN INI SAYA DI BERIKAN KEPERCAYAAN OLEH PERUSAHAAN 3CARE PUSAT JAKARTA UNTUK IKUT SERTA YANG SERAH TERIMA HADIAH KE PADA PEMENANG.DAN JUGA YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS  PROGRAM UNDIAN 3CARE TAHUN 2013.
Diresmikan oleh MENKOMINFO;
-Ir Tiffatul sembiring
Terasa begitu meyakinkan. Untuk benar benar meyakinkan saya, apakah ini palsu atau bukan saya cek ke web tri. Ternyata saat pertama saya buka, ada reminder dari pihak tri untuk berhati hati akan tindak penipuan yang mengatasnamakan Tri. Wah, mulai deh rasa percaya saya menurun tinggal 30%. Langsung, saya menghubungi pihak Tri via Facebook. Alhamdulillah ada respon cepat dari Tri:

Akhirnya, saya sudah yakin bahwa sms tersebut adalah palsu. Penipuan. Saran saran bagi teman teman yang mendapat sms semacam ini
  1. Lihat terlebih dahulu, pengirim pesan tersebut. Jika nomer yang digunakan adalah nomer umum, maka disinyalir sms tersebut adalah penipuan
  2. Jangan percaya 100% begitu saja dengan hal tersebut. Alangkah lebih amannya, kalian bisa menghubungi call center resmi dari kartu seluler kalian.
  3. Mintalah perlindungan dari Allaah dari segala macam kejahatan yang menimpa.
Semoga sedikit pengalaman ini bisa menjadikan kita lebih berhati hati dengan oknum yang gila  harta. Yang mencari nafkah dengan jalan yang tidak barakah. 
“Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan karena sesungguhnya syaithan adalah musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya syaithan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, serta mengatakan tentang Allah apa yang tidak kamu ketahui” (QS al-Baqarah: 168-169).

Wallahu a’lam bishawab
Semarang, 22 April 2013 14:11

0 Response to "Awas, Modus Baru Berkedok Undian Berhadiah"

Posting Komentar